.......""SELAMAT DATANG DI BLOG JNP MASTER SMART COMP"".......
HOME|TENTANG | FACEBOOK | DAFTAR ISI|KONTAK| Cara Membuat Jejaring Sosial Sendiri seperti Facebook (Gratis)

Selasa, 03 Juli 2012

KERUSAKAN KOMPUTER BLANK ATAU MATI TOTAL

Suatu saat Anda mendapati komputer yang biasa Anda pakai tiba-tiba mati-total, komputer tidak bisa booting dan pada layar monitor tidak menampilkan apa-apa alias blank. Lantas apa yang harus kita lakukan..?


komputer blank atau mati total

Untuk mendiagnosa penyebab kerusakan komputer blank atau mati total ini, kita bisa melakukan beberapa pengecekan seperti dibawah ini:

1. Periksa Monitor

Langkah pertama untuk memeriksa peyebab komputer blank adalah dengan memeriksa terlebih dahulu monitor komputer. Siapa tau komputer menjadi blank karena memang monitornya yang mati bukan karena komputer yang mati total.

Untuk itu coba lihat lampu indikator monitor apakah menyala, dan coba cabut kabel VGA Monitor, apabila tampilan monitor menjadi normal dengan menampilkan gambar atau pesan seperti misalnya "No Signal Detected" maka kerusakan memang terdapat pada komputer.

2. Pastikan Power Supply Berfungsi dengan baik.

Buka casing CPU kemudian nyalakan kembali komputer dengan menekan tombol power dan perhatikan apakah lampu indikator pada motherboard menyala dan fan Processor berputar? Kalau masih menyala kemungkinan besar Power Supply masih berfungsi dengan baik. Sedangkan apabila CPU tidak menampilkan tanda-tanda kehidupan, lakukan pengecekan terhadap Power Supply.

3. Reset BIOS Komputer

Berdasarkan dari beberapa pengalaman yang pernah saya alami, ternyata kerusakan komputer blank atau mati total ini dapat disembuhkan dengan cara mereset BIOS komputer.

4. Bersihkan Semua Komponen pada Motherboard

Apabila diperlukan, cabut terlebih dahulu semua komponen seperti Processor, Memory dan Card-card tambahan lainnya. Bersihkan debu dan kotoran yang menempel dengan kuas dan vacuum cleaner. Kalo ada gunakan juga cairan pembersih "electrical contact cleaner" untuk lebih membersihkan debu-debu yang menempel pada pin-pin IC atau komponen elektronik pada komponen - komponen tersebut.

5. Rakit kembali CPU tanpa Hardisk

Setelah semua komponen dibersihkan seperti pada langkah 4, rakit kembali semuanya tetapi untuk hardisk jangan dulu dipasang. Selanjutnya nyalakan komputer, disini biasanya ada beberapa hal yang akan terjadi seperti:
  • Komputer menyala normal (bisa masuk BIOS) tetapi tidak bisa booting.
    Hal ini ga masalah karena hardisk memang ga dipasang. Matikan dan pasang hardisk kemudian nyalakan lagi, apabila berhasil booting berarti permasalahan sudah hampir selesai.
  • komputer mengeluarkan bunyi beep berkali-kali.
    Biasanya ada komponen seperti RAM dan VGA Card yang bermasalah, untuk memastikan coba diganti aja dulu dengan komponen yang sudah ketauan masih berfungsi dengan baik.
  • RAM dan VGA Card sudah diganti tetapi komputer masih tetap blank.
    Wah ini gawat biasanya kerusakan terjadi pada bagian Motherboard atau Processornya. Menurut pengalaman saya kebanyakan bagian Motherboard yang rusak (kata temen saya kebanyakan pada transistor power) hal ini terjadi misalnya karena power listrik PLN yang tidak stabil. Kalo ada Processor yang nganggur pinjem aja dulu untuk memastikan kerusakan.
Demikianlah diagnosa kerusakan komputer blank atau mati total, mohon maaf apabila penjelasannya kurang memuaskan, saya tunggu sharing tentang cara memperbaiki komputer blank atau mati total dari temen-temen sekalian, thanks...


Cara Reset BIOS Motherboard Komputer ini merupakan salah satu langkah dasar yang seringkali dilakukan dalam proses perbaikan komputer. Meskipun saya yakin sebagian besar pembaca blog gaptek ini telah mengetahui cara mereset BIOS komputer yang benar, tetapi ga ada salahnya  saya tulis kembali dalam catatan kali ini.

Meskipun terlihat sepele, tetapi langkah mereset BIOS yang salah dapat menyebabkan BIOS atau komponen motherboard lainnya rusak, setidaknya itulah yang dulu pernah saya alami. Untuk langkah-langkah cara reset BIOS yang benar ini saya kutip dengan beberapa perubahan dari artikel Cara Reset BIOS majalah Chip edisi 02/2012.

cara reset BIOS

Langkah-langkah  Cara Reset BIOS Komputer:

  1. Pastikan Komputer sudah tidak terhubung ke sumber listrik. Hal ini bisa dilakukan dengan cara mencabut kobel power dari stop kontak dan juga mencabut kabel power supply (24-pin power cable) dari motherboard komputer.
  2. Tunggu beberapa saat untuk memastikan arus listrik telah hilang. Untuk mempercepat hilangnya (membuang) sisa arus listrik pada motherboard tersebut, kita dapat menekan tombol power on komputer.
  3. Cari tombol atau jumper yang bertuliskan CLR CMOS. Untuk jumper ini ada yang terdiri dari 3 pin dan 2 pin. Untuk meng-clear CMOS atau mereset BIOS, tekan tombol reset tersebut. Untuk yang tpe jumper 3 pin, pindahkan posisi jamper ke sisi lainnya sedangkan tipe jumper 2 pin, maka kita harus cari dulu jumper untuk menjumper kedua pin tersebut. Biarkan beberapa detik dalam posisi tersebut.
  4. Setelah itu pindahkan kembali posisi jumper ke posisi semula untuk yang tipe 3 pin atau cabut jumper untuk tipe 2 pin. Masukan kembali kabel power supply motherboard. Pastikan semua terangkai dengan benar kemudian barulah menghubungkan komputer ke listrik PLN. 
  5. Nyalakan kembali komputer. Apabila reset BIOS berhasil maka setingan BIOS akan kembali ke posisi semula. Dan pada kasus kerusakan komputer tidak bisa booting, setelah BIOS di reset, biasanya komputer akan bisa booting kembali.
  6. Apabila reset BIOS tidak berhasil, lakukan kembali langkah 1-2, kemudian cabut baterai BIOS dan lakukan kembali langkah 3-5.
  7. Apabila berhasil juga, ulangi kembali langkah 1-2, cabut semua kabel power supply pada motherboard, lepas baterai BIOS dan Memory (RAM) Komputer. Ulangi langkah 3-5.
  8. Langkah terakhir untuk mereset BIOS apabila cara diatas belum berhasil juga adalah kembali lakukan langkah 1-2, kemudian lepas semua komponen pada motherboard yaitu Processor, RAM dan Card tambahan lainnya seperti VGA Card. Bersihkan kembali motherboard dari kotoran dan ulangi langkah 3, kali ini diamkan dulu selama 30 menit. Kemudian baru ulangi langkah 3-5.
Demikianlah langkah-langkah cara reset BIOS pada motherboard komputer. Semoga berhasil...

Tips Clear CMOS Motherboard (mengatasi komputer mati)

Untuk apakah Clear CMOS Motherboard dilakukan? Pernahkah anda mengalami komputer anda pada saat di hidupkan tidak mau dan restart kembali, atau pada saat telah masuk system windows tidak  membaca komponen komputer seperti VGA, Mouse, Hardisk, Sound Card dll.
Seperti kita ketahui CMOS merupakan memory tempat menyimpan data hardware atau komponen komputer yang terpasang di dalamnya, bila CMOS tidak bekerja dengan normal maka pengoperasian komputer akan mengalami gangguan.
Hal-hal yang membuat CMOS tidak bekerja dengan normal antaralain di sebabkan :
  1. Kemungkinan baterai CMOS telah lemah, sehingga tidak dapat lagi mensupord daya pada CMOS pada saat komputer mati.
  2. Kebiasaan pemakaian peralatan seperti USB Flash Disk, External Hardisk yang langsung di cabut tanpa Safely Remove Hardware, mengakibatkan software yang terpasang dan di data oleh CMOS akan tersimpan dan pada saat komputer di hidupkan lagi CMOS tidak menemukan data Hardware tersebut.
  3. Kemungkinan akibat serangan virus yang menyerang regystry windwos yang berhubungan dengan CMOS sehingga antara CMOS dan windows tidak sinkron.
  4. Akibat terlalu seringnya komputer di matikan tanpa Shutdown, yang mengakibatkan system tidak menyimpan setting CMOS, dan CMOS siap untuk menyimpan setting komponen karena dimatiin mendadak.
Bila CMOS terganggu maka pemakaian komputer tidak stabil, walaupun seluruh komponen komputer tidak rusak.
Untuk mengatasi hal tersebut anda harus melakukan perbaikan CMOS dengan cara membuang semua memory yang tersetting pada CMOS.
Caranya  mengatasinya adalah:
  1. Pastikan PC (Komputer) anda sudah tidak terhubung ke jaringan listrik.
  2. Buka casing PC anda.
  3. Setelah casing PC di buka lihat pada mother board anda Soket Jumper dengan tulisan CLR CMOS (Seperti terlihat pada gambar diatas, biasanya jumper setting tersebut dekat baterai CMOS)
  4. Pin 1 dan pin 2 bila di jumper berarti posisi Normal. cabut jumper dan pindahkan untuk menjumper antara pin 2 dan pin 3.
  5. Setelah anda jumper pin 2 dan pin 3, hidupkan PC, dan biarkan selama setengah menit – satu menit, kemuidian matikan kembali.
  6. Setelah PC mati, kembalikan lagi posisi Jumper Setting keposisi jumper pin 1 dan 2.
  7. Hidupkan PC, maka PC akan meminta anda untuk mensetting Bios, tekan F1 atau Del (Tergantung perintah dari jenis Motherboardnya).
  8. Pilih setting Bios ke Optimise Default system Bios. kemudian tekan F10 untuk menyimpan ke memory Bios serta keluar.
  9. PC akan Restart kembal dan Bekerja secara normal.
  10. Bila PC telah bekerja dengan normal, Shutdown kembali PC, dan tutup casing PC.
Untuk alasan tersebutlah Clear CMOS Motherboard dilakukan. Ini bisa juga mengatasi permasalahan komputer yang tidak muncul gambar sama sekali, Selamat mencoba n semoga bermanfaat…. ;)


Cara memperbaiki Motherboard Komputer Yang Hidup tapi Tak Tampil

Motherboard atau Mainboard adalah board/ papan utama tempat komponen-komponen utama seperti microprocessor dan memory (RAM, ROM, BIOS) beserta chip kontroler lainnya. Terdapat juga SLOT Ekspansi yaitu tempat untuk memasang card-card tambahan yang berfungsi untuk meningkatkan fasilitas dan kemampuan yang dibutuhkan. Microprossor terpasang pada soket / slot yang sesuai dengan bentuk dan ukuran microprocessor tersebut, seperti soket 370, 470, soket LGA 775, soket A 462 (AMD), soket slot I (Pentium 2 dan 3). Di dalam motherboard, microprocessor berkomunikasi dengan komponen yang lain melalui suatu bus atau jalur data. Bus ini telah berkembang dari bus 66, 100, 133, 200, 266, 333, 400, 500, 800 MHz. Perkembangan ini untuk mengimbangi kerja microprocessor yang semakin cepat. Slot ekspansipun mengalami perkembangan. Tabel diagram motherboard biasanya telah disertakan pada saat anda membeli CPU/ Mainboard.

Nyala tapi tidak tampil apa-apa di monitor
Coba anda perhatikan dan dengarkan apakah ada bunyi atau suara bip. Kalau ada, kerusakan biasanya ada di processor, memory dan VGA. Periksa Processor, coba anda pegang pendinginnya apakah panasnya berlebih atau dingin? Kalau panas berlebih berarti kipas processor tidak bekerja dengan baik maka anda ganti, tapi kalau dingin berarti processor tidak bekerja alias rusak. Periksa memory, biasanya kalau memory rusak terdengar suara bip pada speaker sebanyak 3 kali. Dalam keadaan mati, cabut memory bersihkan pinnya menggunakan penghapus pensil sampai bersih, kemudian pasang kembali. Kalau masih rusak berarti ada salah satu IC nya yang rusak. Periksa VGA Card, cabut VGA Card, dalam keadaan mati / off coba anda tekan, ada kemungkinan kurang masuk atau coba anda bersihkan kaki / pin nya. Jika VGA card menggunakan kipas, bersihkan kipas tersebut. Kalau masih tidak tampil coba anda periksa jangan-jangan monitornya yang tidak nyala, untuk memastikannya yang rusak monitor atau CPU, coba anda tekan tuts Numlock pada keyboard, apakah lampu Numlock-nya nyala atau tidak. Kalau nyala berarti kerusakan pada CPU.
Yang menjadi standar saya kalau memperbaiki Komputer, saya selalu membersihkannya dari debu, apakah itu motherboard, memory, cdrom, floppy disk, dll, karena hal tersebut sangat berpengaruh apa lagi kalau komputernya dalam keadaan kotor / lama tidak dibersihkan. Tapi anda harus hati-hati dalam pengerjaannya dan jangan terburu-buru.

 Menganalisa Kerusakan Motherboard dan CPU Komputer Yang Berbunyi Beep

Apabila kita menyalakan komputer dan ternyata pada layar monitor tidak nampak apa-apa atau blank, padahal lampu menyala, kipas processor dan VGA juga berputar, apa kira-kira yang rusak ya? Berikut analisa dari saya:
  • Tidak terdengar suara “Beep” sama sekali tapi monitor tidak tampil gambar, dalamkasus ini kita tidak bisa memastikan perangkat keras mana yang bermasalah. Copot semua perangkat keras yang menancap pada motherboard dan bersihkan. Jika tampil bios tetapi nggak mau tampil OS-nya (Windows, Linux, Mac) coba periksa kabel harddisk kencangkan bila kendor.
  • Terdengar suara “beep” pendek 1 kali, berarti komputer sobat dalam keadaan normal atau baik, akan tetapi bila pada layar monitor tetap tidak tampil gambar, coba sobat cek kabel konektor dari CPU ke monitor apakah sudah terpasang dengan benar.
  • Terdengar suara “Beep” 2 kali pendek, berarti ada masalah pada setting CMOS, coba reset CMOS dengan mengubah posisi jumper pada mother board, biasanya ada 6 atau 8 pin (kaki) sobat cari saja tulisan clear CMOS yang dihubungkan antara kaki nomer berapa dan berapa (tiap motherboard berbeda)
  • Terdengar suara “Beep” 1 kali panjang dan 1 kali pendek berarti terdapat masalah pada RAM, periksa RAM sobat apakah sudah terpasang dengan baik, atau copot RAM-nya dahulu lalu bersihkan dengan Penghapus karet dan bersihkan pula slot tempat RAM dengan kuas.
  • Terdengar suara “Beep” 1 kali panjang dan 2 kali pendek berarti ada masalah pada monitor atau VGA card sobat, Periksalah apakah monitor masih bagus dan periksa VGA card, cabut dan bersihkan.
  • Terdengar suara “Beep” 1 kali panjang dan 3 kali pendek berarti ada masalah dengan Keyboard (Papan ketik) sobat, Periksa konektor atau sambungan dari CPU ke Keyboard, kencangkan apabila kendor dan jangan sampai salah tempat dengan konektor mouse, biasanya berbeda warna, sesuaikan dengan warna konektor dari keyboard sobat, kecuali sobat menggunakan konektor USB tentu tidak ada perbedaan.
  • Terdengar suara “Beep” 1 kali panjang dan 9 kali pendek, berarti terdapat masalah pada ROM BIOS, untuk mengatasinya ganti ROM BIOS dengan yang baru, dengan mencopot ROM BIOS dari socketnya, cari yang sesuai dengan type atau merk motherboard yang sobat pakai.
  • Terdengar suara “Beep” pendek secara terus menerus berarti ada masalah dalam PSU (Power Supply Unit) dikarenakan tegangan yang tidak stabil.
  • Terdengar suara “Beep” panjang secara terus menerus berarti ada masalah dengan RAM, periksa dan bersihkan RAM berikut slotnya.
Tiap motherboard terkadang memberikan kode “Beep” yang berbeda-beda, penjelasan diatas hanya secara garis besarnya saja atau secara umum saja.
Bila ada sobat blogger ada yang mau menambahkan silahkan isi kotak komentar agar kita sama-sama bisa saling belajar.

Semoga bermanfaat.
Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar.

2 komentar:

  1. Lucky Computer Solution

    Kami adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa service dan maintenance komputer Panggilan langsung hadir ke tempat anda berada.
    Lucky Computer Solution dengan tim teknisi komputer berpengalaman dan professional siap membantu anda mengatasi masalah yang terjadi pada perangkat komputer anda dengan layanan service komputer panggilan. Layanan service komputer panggilan yaitu dengan sistem pengerjaan langsung hingga selesai di rumah, kantor dan warnet anda berada.

    Masalah apa saja yang bisa di tangani tim teknisi kami ?

    1. Komputer mati total
    2. Komputer sering Hang
    3. Komputer lambat
    4. Terkena virus
    5. Install program
    6. Install ulang Operasi sistem Windows
    7. Pemasangan jaringan
    8. dll

    Bagaimana dengan biayanya ?
    Jangan khawatir dengan biaya, karna Lucky Computer Solution memberikan harga yang begitu murah, dan terjangkau
    1. Service ( Pembersihan seluruh komponen komputer, Penggantian Pasta Procesor ) Rp 75.000
    2. Instalasi ulang ( Windows, MC Office, Corel, PhotoShop, Mozilla, DLL ) Rp 75.000
    3. Paket Service dan Instal Ulang Cuma Rp 120.000

    Bagaimana cara booking service komputer panggilan teknisi Lucky Computer Solution ?
    Ketika terjadi trouble atau kerusakan pada perangkat komputer anda, anda bisa langsung hubungi call service kami dan keluhkan segala masalahnya ke :
    081-220-769-974 atau Pin BB 25CB7BAF
    dan buatlah perjanjian penanganan komputer anda untuk kunjungan ke rumah atau kantor anda dan kami pastikan tim teknisi kami akan segera datang ke rumah, kantor atau warnet anda . ( LCS hanya melayani Area Bandung, Cimahi, Sumedang. Diluar kota Bandung dikenakan biaya bensin )

    Pastikan anda selalu menggunakan jasa Lucky Computer Solution.

    BalasHapus
  2. Jnp Master Smart Comp: Kerusakan Komputer Blank Atau Mati Total >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Jnp Master Smart Comp: Kerusakan Komputer Blank Atau Mati Total >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Jnp Master Smart Comp: Kerusakan Komputer Blank Atau Mati Total >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    BalasHapus