.......""SELAMAT DATANG DI BLOG JNP MASTER SMART COMP"".......
HOME|TENTANG | FACEBOOK | DAFTAR ISI|KONTAK| Cara Membuat Jejaring Sosial Sendiri seperti Facebook (Gratis)

Minggu, 17 Juni 2012

Tips membuat flashdisk menjadi Bootable dengan Unetbootin

Biasanya kita kalau mau instal ulang windows atau instal OS linux pasti harus di “Burn” dulu ke CD. Sekarang tidak perlu lagi karena sudah ada aplikasi yang dapat menjadikan atau hardisk kamu menjadi Bootable. Namanya adalah Unetbootin kepanjangan dari Universal Netboot Installer. Aplikasi ini dapat dipakai pada OS Linux maupun OS Windows.
Untuk OS Linux        : http://unetbootin.sourceforge.net/unetbootin-linux-latest
Untuk OS Windows : http://unetbootin.sourceforge.net/unetbootin-windows-latest.exe
Cara menggunakannya cukup mudah. Download Aplikasi Unetbootin pada link diatas, setelah selesai download, buka aplikasinya sehingga muncul gambar seperti dibawah ini.
unetbootin1.jpg
Unetbootin memberikan kita 3 (tiga) pilihan. Yaitu:
1.  Distribution. Pilihan ini digunakan jika kamu ingin download langsung dari internet dan langsung diproses. Caranya, Pertama pilih distribusinya dulu, lalu pilih versinya. Saat ini distribusi yang bisa di download langsung adalah :  Arch Linux, Backtrack, CentOS, Clone Zilla, Damn Small Linux, Debian, Dreamlinux, Dr. Web Antivirus, Elive, Fedora, FreeBSD, Frugalware, F-Secure Rescue CD, Gentoo, gNewSense, Gujin, Kaspersky Rescue Disk, Kubuntu, Linux Mint, Mandriva, MEPIS, NetBSD, NTPasswd, openSUSE, Ophcrack, Parted Magic, PCLinuxOS, Puppy Linux, Sabayon Linux, Slax, SliTaz, Smart Boot Manager, Super Grub Disk, Super Ubuntu, SystemRescueCD, Ubuntu, xPUD, Xubuntu, Zenwalk.
2.  Disk Image. Pilihan ini digunakan jika anda sudah men-download file .ISO-nya secara manual atau minta dari teman :-) . Caranya gampang kok, kamu tinggal menentukan lokasi file .ISO yang udah kamu download tadi aja. Pilihan ini lebih banyak digunakan dari pada pilihan Distribution atau Custom
3.  Custom. Pilihan ini diperuntukkan bagi yang sudah mahir.  Disini kita  dapat mengatur kernel, Initrd, dan Option sendiri
Setelah itu, kita memilih USB Drive jika menggunakan flashdisk atau pilih Harddisk jika menggunakan harddisk. Selanjutnya, pilih lokasi Drive-nya . Kemudian klik OK. Berikut adalah gambar prosesnya.
unetbootin2.jpg
unetbootin3.jpg

unetbootin5.jpg
Setelah selesai, Klik tombol Reboot now. Komputer kamu akan restart. Jangan lupa menekan F2, F6, atau F12 sesuai menu BOOt kamu (masing2 laptop/komputer mempunyai tombol menu BOOT yang berbeda-beda). Lalu pilih USB Drive / Harddisk pada menu BOOT. Tinggal Instal dech…. :-)
NB :
  1. Ruang yang tersisa pada flashdisk atau harddisk minimal 1 gb.
  2. Motherboard kamu suadh support boot external

Tidak ada komentar:

Posting Komentar