.......""SELAMAT DATANG DI BLOG JNP MASTER SMART COMP"".......
HOME|TENTANG | FACEBOOK | DAFTAR ISI|KONTAK| Cara Membuat Jejaring Sosial Sendiri seperti Facebook (Gratis)

Minggu, 17 Juni 2012

Media Boot Flashdisk dengan Grub4dos

Cetak PDF
Grub4dos (Grub for dos, -red)  adalah grub yg ditambahkan dengan fasilitas DOS Command. Grub sendiri adalah  Boot Loader yg berisi banyak pilihan boot( Multiboot, -red). GRUB adalah singkatan dari GRand Unified Bootloader yg pertama kali dirancang dan digunakan oleh Erich Stefan Boleyn.
Boot Loader sendiri berfungsi sebagai program yg pertama kali berjalan saat komputer dinyalakan. Berperan penuh untuk memuat dan mengirimkan perintah dari kumpulan perangkat komputer ke Sistem Operasi yang akan dimuat.
Grub4dos disini berfungsi untuk memuat program DOS agar dapat digunakan sebagai media booting komputer setelah diarahkan melalui program grub. Penggunaan dari Grub4dos, biasanya untuk memperbaiki komputer yg masih menggunakan sistem operasi dengan program DOS sebagai dasar dari sistem operasi. salah satunya adalah Komputer yang menggunakan sistem operasi windows.
Dalam penulisan kali ini penggunaan grub4dos lebih saya arahkan untuk membuat Flashdisk/pendrive kita menjadi media booting. Seperti yg kita ketahui secara umum, media booting selain harddisk adalah CD atau dvd. Dengan adanya program grub4dos, maka kita bisa membuat flashdisk/pendrive kita jadi media booting.
Cara menggunakan grub4dos agar dapat membuat flashdiks/pendrive kita jadi media booting adalah dengan cara kita format dahulu flashdisk/pendrive kita menggunakan program USB Format tools yaitu HP USBdisk Storage Format tools. Setelah format flashdisk/pendrive maka kita jalankan program grubinst_gui.exe di direktori hasil extract archive USB4dos. Dengan membuat MBR di FLashdisk/pendrive yg tadi kita format dan menyalinkan berkas grldr & menu.lst dari direktori docs dalam kumpulan berkas grub4dos, maka flashdisk kita sudah bisa diarahkan jadi media booting di komputer atau laptop kita. dengan syarat komputer atau laptop/notebook kita mendukung pengaturan booting dengan media USB (Mass Storage).
Untuk saat ini saya mengisi Flashdisk/pendrive saya agar booting dengan kumpulan program dari HirenbootCD, dimana flashdisk saya fungsikan untuk memperbaiki kerusakan komputer yang disebabkan oleh virus, malware. Biasanya penanganan saya lakukan jika komputer dengan sistem operasi windows yg saya gunakan sedang mengalami kerusakan. Dalam program HirenbootCD terdapat kumpulan antivirus, anti-malware, antispyware, antirootkit dan banyak program untuk memperbaiki komputer. Beberapa diantaranya yang sering saya gunakan adalah program dalam kumpulan backup, partition dan lain sebagainya.
Unduh (Download, -red) & keluarkan(Extract, -red) berkas grub4dos.zip.
Untuk detil penggunaan program grub4dos, bisa ikuti referensi di :
- http://sites.google.com/site/grubdos/
- dan kaitan link di situs tersebut.
Untuk penggunaan linux bisa dibaca di :
http://soffell.wordpress.com/2011/04/26/grub4dos/
Sumber: Referensi tentang grub4dos dibaca dengan program QR Code Reader

Tidak ada komentar:

Posting Komentar